DaerahDuniaHukrimNasionalNusantaraPolkam

Human Trafficking Tuntut Agen PT Rimba Ciptaan Indah Segera Tanggungjawab Pulangkan TKWI Asal Manggarai Timur, NTT

Avatar
439
×

Human Trafficking Tuntut Agen PT Rimba Ciptaan Indah Segera Tanggungjawab Pulangkan TKWI Asal Manggarai Timur, NTT

Sebarkan artikel ini

Editor: Agustinus Bobe,

MALAYSIA, LINTASTIMOR.COM– Human Trafficking Institute ( Lembaga Perlindungan Perdagangan Manusia) Perwakilan Malaysia menuntut agen PT.Rimba Ciptaan Indah Malaysia atas nama Mr.Gari untuk segera bertanggung jawab  dan kembalikan Tenaga Kerja Wanita Indonesia ( TKWI) asal Kabupaten Manggarai Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Getrudis Agung yang nama aslinya adalah Getrudis Kadung warga Desa Golo Rengket, Kecamatan Pocoranaka.

Wanita ini dikala ditelantarkan oleh majikannya di pinggir jalan dekat Kantor KBRI KL Malaysia pada Selasa 20 Oktober 2020 lalu mengaku namanya Sowerente Purmawati. Dan setelah ditelusuri asal usulnya ternyata ditemukan keluarganya memiliki bnama asli Getrudis Kadung.

Setelah ditelusuri oleh Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Manggarai Timur, agen yang mengirim Getrudis Kadung ke Malaysia adalah PT.Rimba Ciptaan Indah dengan mencantumkan namanya Getrudis Agung.

Kepala Human Trafficking Institute Dewi Kholifah menghubungi Redaksi Lintastimor.com dari Malaysia, Selasa (27/10/2020) mengatakan, berdasarkan hasil pertemuan ( meeting) dengan Naker KBRI KL Malaysia, Konsuler KBRI KL , Agen Penerima TKWI ( PT.Rimba Ciptaan Indah Malaysia) dan Majikan di Kantor Kedutaan Besar RI. Dewi menuntut Agen PT.Rimba Ciptaan Indah Mr.Gari untuk bertanggung jawab  membayar gaji dan biaya perawatan Getrudis Agung serta segera kembalikannya ke Indonesia.

Mr.Gari pun siap bertanggung jawab untuk segala biaya pemulangan, perawatan kecuali gaji masih dalam perhitungan.

Menurut Dewi, kondisi Getrudis kini semakin membaik tidak seperti saat ditemukan pertama kali di depan Kantor KBRI KL Malaysia yang diduga mengalami depresi berat.

” Saya memang menolak keras untuk agen PT Rimba Ciptaan Indah Mr Gari yang mau rawat di hospital Malaysia. Karena saya kwatir jika dia yang rawat siapa yang melakukan pemantauan . Dan bisa – bisa saja mereka membawa lari lagi Getrudis ke Majikan lain. Nanti berkesulitan mencarinya lagi.

Lebih baik Getrudis Agung ( korban) di kembalikan ke tanah air untuk  dirawat di Indonesia lebih  aman dan nyaman bersama keluarganya.

Saya pun sependapat dengan keinginan keluarga dan pemerintah daerah setempat untuk segera di kembalikan ke Indonesia,” ucapnya.

Kepala Bidang Pembinaan Penempatan Penempatan Tenaga Kerja dan   Perluasan Kesempatan  Kerja Kabupaten Manggarai Timur, NTT, Marna kepada Lintastimor.com meminta Agen PT.Rimba Ciptaan Indah agar segera kembalikan Getrudis Agung ke Indonesia untuk bertemu dengan keluarganya.

” Kami dari pihak pemerintah Kabupaten Manggarai Timur memohon agar saudari Getrudis Agung cepat ditembangkan ke Indonesia. Biar Getrudis Agung bertemu dengan keluarganya baru mendapatkan perawatan yang penting sampai di Indonesia dulu,” pintanya ( agust bobe)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *