PTUN Jakarta Memvonis Bersalah Jaksa Agung RI

Editor: Agustinus Bobe,

JAKARTA, LINTASTIMOR.COM– Pengadilan Tata Usaha Negara ( PTUN) Jakarta memvonis bersalah Jaksa Agung RI ST Burhanuddin atas pernyataannya yang menyebut Tragedi Semanggi I dan II bukan pelanggaran Hak Asasi Manusia berat dalam Rapat Kerja dengan Komisi III DPR RI pada 16 Januari 2020 lalu.

Putusan tersebut ditampilkan PTUN Jakarta dalam sistem e – court dengan Nomor Perkara 99 / G/ TF/ 2020/ PTUN.JKT pada Rabu ( 4/11/2020) pagi.

Penggugatnya adalah Maria Catarina Sumarsih seorang ibu dari Benardinus Realino Norma Irwan ( Wawan) mahasiswa Universitas Atma Jaya dan Ho Kim Ngo, ibu almarhum Yap Yun Hap, mahasiswa Universitas Indonesia yang tewas kala tragedi Semanggi I 1998.

” Amar Putusan, ekseksi; mengatakan eksepsi – eksepsi yang disampaikan tergugat tidak dapat diterima, pokok perkara ; mengabulkan gugatan para penggugat seluruhnya,” tulis amar putusan tersebut.

PTUN Jakarta menghukum Jaksa  Agung untuk membayar biaya perkara sebanyak Rp 285.000.

Putusan tersebut ditandatangani oleh Hakim Ketua Andi Muh Ali Rahman dan Umar Dani sebagai anggota.

PTUN Jakarta mengabulkan gugatan Sumarsih dan mengatakan bahwa  pernyataan ST Burhanuddin dalam Rapat tersebut adalah perbuatan melawan hukum oleh pejabat pemerintahan. ( imam n/ agus bobe)

 

Pos terkait