Gara – Gara Rebut Tanah Ulayat Seorang Pria Asal Nebe Tewas Dibunuh

Editor: Agustinus Bobe,

MAUMERE , LINTASTIMOR.COM -Seorang pria umur 60 tahun bernama Fransiskus Meru  adalah warga Wairmitak, Desa Nebe, Kecamatan Talibura, Kabupaten Sikka  ini  tewas dibunuh  oleh UU ( 49) di kebun milik Ulayat  pada Jumat (6/21/2020) sekitar pukul 07.00  pagi WITA

Pembunuhan sadis ini  dengan cara 2 kali memenggal kepala korban hingga putus.

Berdasarkan Rilis yang diterima  Lintastimor.com dari Kapolres Sikka,AKBP Sajimin melalui Kasubag Humas  AKP Petrus Kanisius, Jumad(6/11/2030) menjelaskan, pelaku yang sudah berencana membunuh korban, pergi ke kebun korban/ TKP untuk mencari korban dengan membawah sebilah parang.

Setelah pelaku tiba di kebun tersebut, pelaku melihat korban sementara memberi makan babi milik korban. Kemudian pelaku memanggil korban bilang ” Kawan ” lalu korban melihat pelaku, korban langsung lari.

Pelaku kemudian mengejar korban hingga korban terjatuh di tanah.

Melihat korban sudah terjatuh di tanah pelaku langsung mengayunkan parangnya 1 ( satu ) kali dan mengenai kepala korban, lalu pelaku mengayunkan parangnya  sekali lagi lagi kearah leher korban sehingga leher korban putus dan terlepas dari tubuh korban,” sebut AKP Petrus Kanisius

 

Akibat kejadian tersebut leher korban putus dan meninggal dunia di TKP, dan selanjutnya pelaku kembali kerumahnya yang berjarak sekitar 2 Km,  lalu pelaku cuci tangan dan mengganti pakaian lalu pelaku langsung menuju kantor  Polisi Sub Sektor Nebe dan menyerahkan diri dengan membawah Barang Bukti berupa sebilah parang milik pelaku,” jelasnya.

Pelaku UU  mengaku sudah lama merencanakan pembunuhan terhadap korban FM  karena menurut pelaku, korban merebut tanah pusaka milik pelaku sehingga pelaku menaruh dendam terhadap korban dan merencanakan pembunuhan tersebut.

Tim Identifikasi Polres Sikka yang dipimpin langsung oleh Kasat Reskrim Polres Sikka an. IPTU AGA SEPTIAN, SIK, didampingi oleh Kapolsek Waigete  IPDA RAZES P MANURUNG, S.Tr. K dan Paur Identifikasi Polres Sikka  KRISTOFORUS SURI dan anggota menghubungi Dokter Puskesmas Watubaing  dr. ERWIN YUDISTIRA dan telah melakukan Visum Et Repertum luar tubuh korban.

Selanjutnya  pelaku langsung diamankan di Ruang Tahanan Polsek Waigete.

Kapolsek Waigete ,Ipda Rezes P. Manulang menghimbau keluarga korban agar masalah tersebut diserahkan kepada pihak Polres Sikka untuk dapat memprosesnya secara Hukum dan keluarga tidak boleh melakukan tindakan diluar tindakan hukum dan agar keluarga menjaga Kamtibmas di sekitar Desa Nebe.

Korban dan pelaku masih ada hubungan kekeluargaan tetapi masih jauh.

Saat ini korban disemayamkan di rumah duka  t di Wairmitak, Desa Nebe, Kecamatan Talibura, Kabupaten Sikka.

Situasi kamtibmas antara keluarga korban dan pelaku saat ini aman dan kondusif. ( athy meaq)

Pos terkait