DPRD TTU Soroti Mutasi ASN Yang Dilakukan Bupati Jelang Pilkada

Editor : Agustinus Bobe,

KEFA, LINTASTIMOR.COM– Dalam pemandangan umum Fraksi – Fraksi DPRD Timor Tengah Utara terkait Nota Keuangan atas Rancangan Anggaran dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2021 dan penyampaian pengantar lima buah Ranperda pada sidang III DPRD Tahun 2020 Tanggal  13 November 2020 ada sejumlah Fraksi DPRD TTU menyoroti sikap Pemda TTU tentang rumah berdikari, mutasi ASN, honorer, rendahnya target PAD, Belanja Hibah dan nomor kode 22 desa yang ada di wilayah Kabupaten TTU.

Fraksi AMPERA mengingatkan Bupati TTU agar tidak menciptakan kegaduhan dengan kebijakan – kebijakan kontraproduktif yang berbenturan dengan ketentuan hukum atas tenaga kontrak daerah. Sebab, ada tenaga kontrak yang telah mendapat SK dan sebagian yang belum memperoleh SK. Selain itu, mutasi ASN yang dilakukan pada akhir masa jabatan sebagaimana  ditegaskan dalam UU Nomor 10 Tahun 2016, pasal 71 ayat ( 2)  gubernur atau wakil gubernur, bupati atau wakil bupati dilarang melakukan penggantian pejabat 6 bulan sebelum tanggal penetapan pasangan calon sampai dengan akhir masa jabatan, kecuali mendapat persetujuan tertulis dari Menteri Dalam Negeri ( Mendagri).

Fraksi HANURA mempertanyakan sikap pemerintah daerah kabupaten TTU mengapa saat memasuki tahun politik baru melakukan mutasi dan menonjolkan para ASN, Sekretaris Desa tanpa melalui standar prosedur mekanisme tanpa alasan yang jelas.

Fraksi ini pun meminta pertanggungjawaban pemerintah daerah terkait data lengkap program bedah rumah tidak layak huni tahun anggaran  induk 2020 sebanyak 25  desa, dan APBD 2020 sebanyak 45 desa  Lantaran program ini merupakan salah satu program prioritas pemerintah daerah berupa SK penetapan desa disetiap desa serta progresnya per bulan November 2020.

Fraksi Golkar mendesak Pemerintah Daerah Kabupaten TTU untuk menjelaskan secara detail belanja hibah sebesar Rp 4 miliar. Komponen – komponen apa saja yang dibelanja dan sasaran utamanya untuk apa, siapa dan dimana lokasinya.(VM)

 

Pos terkait