Langgar Protokol Covid -19, Gubernur DKI Jakarta Bakal Dipenjara 1 Tahun?

Editor : Agustinus Bobe,

JAKARTA, LINTASTIMOR.COM– Kepala Divisi Humas Polri Irjen Polisi Argo Yuwono menegaskan ada sejumlah pihak termasuk Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bakal terancam 1 tahun penjara atau denda Rp 100 juta, karena diduga melanggar protokol kesehatan yang terjadi di acara pernikahan  puteri Habib Rizieq Shihab.

Anies bersama dengan sejumlah pihak lainnya bakal dijerat dengan pasal 93  Undang  – Undang Nomor 6 Tahun 2018 Tentang Karantina Kesehatan,” sebut Argo Yuwono di Mabes Polri, Senin kemarin.

Pasal 93 dalam UU tersebut berbunyi ” Setiap orang yang tidak mematuhi penyelenggaraan Kekarantinaan Kesehatan sebagaimana dimaksud dalam pasal 9 ayat (1) dan/ atau menghalang – halangi penyelenggaraan Kekarantinaan Kesehatan sehingga menyebabkan Kedaruratan Kesehatan Masyarakat dipidana dengan pidana penjara paling lama 1 ( satu) tahun dan / atau pidana denda paling banyak Rp 100.000.000, 00 ( Seratus juta rupiah)

Argo sebelumnya mengatakan, pihaknya akan meminta klarifikasi kepada beberapa pihak termasuk Anies Baswedan terkait resepsi pernikahan tersebut.

” Tindak lanjut penyidik dalam perkara prokes atas diselenggarakannya acara resepsi pernikahan puteri HRS, jadi penyidik telah mengirimkan surat klarifikasi,” tutur Argo.

Surat klarifikasi itu, kata Argo, ditujukan kepada anggota Binmas yang bertugas, Ketua  RT, RW, Linmas dan lurah, camat dan Wali Kota Jakarta Pusat, kemudian KUA, Satgas Covid – 19, Biro Hukum DKI dan Gubernur DKI serta beberapa tamu yang hadir akan dilakukan klarifikasi,” tegasnya ( imam nugroho)

Pos terkait