Cuaca Buruk, Helikopter Mendarat Darurat Di Jayapura

Editor: Agustinus Bobe,

JAYAPURA, LINTASTIMOR.COM– Akibat cuaca buruk, satu buah Helikopter Jenis MI -8MTV -1 dengan Nomor Register UP- MI815 yang dipiloti oleh Kapten Oleksii Legorichev, Co pilot Capten Valeria Chomorets dan empat orang crew/ engginering serta ditumpangi 6 orang staf Perusahaan Initrade Persada Nusantara mendarat darurat di lapangan sepak bola Kampung Benyom Jaya I Distrik Nimbokrang, Kabupaten Jayapura, pada Minggu (7/2/2021) pukul 09.00 WITA.

Helikopter tersebut take off dari Bandara Advent Doyo Baru Kabupaten Mimika, karena cuaca samgat buruk akhirnya pilot memutuskan untuk mendarat darurat di lapangan sepak bola Kampung Benyom Jaya I Nimbokrang, setelah fly di atas udara kurang lebih satu jam.

Kapolres Jayapura AKBP Dr.Victor Dean Mackbon, S.H, S.IK, M.H, M.Si melalui Kapolsek Nimbokrang IPDA Priyono saat dikonfirmasi membenarkan pendaratan darurat satu helikopter di wilayah hukumnya.

Priyono menjelaskan, helikopter tersebut setelah menempuh penerbangan kurang lebih satu jam di atas udara, pilot menerima laporan dari petugas Bandara Mimika bahwa cuaca tidak mendukung untuk melanjutkan perjalanan sehingga helikopter merubah rute untuk mendarat kembali ke Doyo Baru.

Awalnya, helikopter sempat mendarat darurat di ladang Kampung Benyom Jaya II tetapi karena kondisi tanah yang gembur sehingga kembali mencari tempat pendaratan di lapangan sepak bola Kampung Benyom Jaya II dan terjadi hal yang sama yakni pada saat mendarat di atas tanah amblas karena tidak dapat menahan beban helikopter tersebut.

Helikopter baru bisa dapat  mendarat darurat setelah memilih lapangan Sepak Bola Kampung Benyom Jaya I Distrik Nimbokrang. Dan, sejak kemarin helikopter masih berada di lokasi pendaratan darurat tersebut.

Informasi yang diperoleh dari Dirut Perusahaan Initrade Perdasa Nusantara, Satya Graha Utama bahwa apabila cuaca membaik maka helikopter Take Off akan kembali dilakukan pada hari ini,  Senin 8 Februari 2021, pukul 06.00 WITA pagi. ( Subbid Penmas Bid Humas Polda Papua/ Frangky Kemong)

Pos terkait