Dosen Fakultas Hukum Undana Kupang Pembimbing 1 SKRIPSI Dr.Deno Kamelus Telah Pergi Untuk Selamanya

Editor: Agustinus Bobe,

MANGGARAI, LINTASTIMOR.COM– Sosok seorang mantan Dosen Fakultas Hukum Universitas Nusa Cendana ( UNDANA) Negeri Kupang telah pergi untuk selamanya.

Betapa hancurnya hati ini, telah terdengar sebuah kabar dukacita yang mendalam dari seberang sana.

Bahwa mantan dosen Fakultas Hukum Undana Kupang bernama Dr.Deno Kamelus, S.H, M.H telah meninggal dunia di Rumah Sakit Siloam Labuan Bajo, Manggarai pada Selasa 6 April 2021.

Saya (Agustinus Bobe)  sebagai mantan mahasiswa Fakultas Hukum Unwira Kupang telah merasakan ketulusan seorang dosen  Dr.Deno Kamelus, S.H, M.H yang kala itu menjadi dosen pembimbing 1 SKRIPSI untuk menempuh gelar sarjana hukum . Judul Skripsi yang dibimbing adalah ( Eksistensi Tugas Polri Dalam Penyelidikan Kasus Tindak Pidana Pencurian Kayu Cendana di Wilayah Hukum Polres Belu, Sektor Polsek Rinhat,”.

Almarhum  Deno Kamelus saat memberikan membimbingan tidak pernah menyulitkan  saya.

Setiap Bab demi bab dalam SKRIPSI itu diteliti huruf demi huruf, kata demi kata , dan kalimat demi kalimat.

Tetapi almarhum tidak pernah tinggalkan SKRIPSI saya di rumahnya. Setelah diteliti dengan cermat, ia langsung kembalikan dan berikan catatan untuk direvisi.

“Agus ingat, tulis latar belakang proposal, Makalah ataupun SKRIPSI, dan buat laporan apa saja itu sama dengan Anda menulis berita yakni 5 W + 1 H. Ingat unsur – unsur itu. Pasti Anda bisa,” pesan Almarhum saat berikan koreksi tahap pertama Latar Belakang Proposal dikala itu di rumah kontrakannya di Oebufu.

Dosen Pembimbing II kala itu Vinsensius Samara, S.H.

Almarhum detik-detik terakhir menjelang Ujian SKRIPSI berpesan lagi,  Anda harus berani menantang para penguji saat ujian. Harus jawab setiap pertanyaan dengan tegas. Ingat Anda ini adalah mahasiswa berprofesi jurnalis juga. Harus tegas. Dalam satu setengah jam Anda akan memperoleh gelar sarjana hukum seperti bapak – bapak  penguji.

Mengapa Anda diuji. Anda di uji karena Anda cerdas.Orang tidak cerdas, untuk apa diuji. Apa yang diuji kalau orang itu tidak cerdas dan pintar?, pesan Almarhum Deno Kamelus.

Selamat Jalan Guruku, selamat jalan Dosenku. Tuhan telah siapkan tempat yang indah bagimu.Karena di dunia bapak telah berbuat baik untuk semua orang. Amal baikmu ditunggu Tuhan. ( ***)

 

Pos terkait