Rutan Kelas IIB Maumere Gelar Razia di Setiap Kamar Warga Binaan

Editor: Agustinus Bobe,

MAUMERE, LINTASTIMOR.COM — Dalam rangka memperingati Hari Bangkit Kemasyarakatan ke -57 yang jatuh pada setiap tanggal 27 April, petugas serta Satgas keamanan dan ketertiban Rumah Tahanan Negara ( RUTAN) kelas IIB Maumere menggelar razia di kamar setiap warga binaan pemasyarakatan, Jumat (9/4/2021).

Kepala Rutan Kelas IIB Maumere Antonius Semuki saat menggelar konferensi pers dengan sejumlah awak media di Kantor Rutan Kelas IIB Maumere, Jumat (9/4/2021) mengatakan, selain razia mendadak kerap dilakukan dua kali razia rutin dalam dua kali sebulan sebagai perintah dari Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Provinsi NTT.

” Penggeladahan ini bertujuan untuk mencegah hal – hal yang dapat membahayakan keamanan dalam Rutan. Dan meminimalisir benda atau barang larangan berbahaya seperti barang tajam, narkoba, handphone, obat – obat terlarang bagi warga binaan pemasyarakatan Rutan Kelas IIB Maumere,” tegas Antonius Semuki.

Dalam operasi tersebut tidak ada hambatan sehingga penggeledahan itu berjalan dengan lancar.

Ia menyebutkan, sebanyak 138 penghuni Rutan dan memiliki kapasitas kurang lebih 20 kamar digeladah baik barang ataupun badan, mulai dari penghuni blok wanita, blok tahanan, blok tindak pidana korupsi, blok narapidana, dan blok anak.

HasilĀ  dari razia tersebut petugas temukan pemantik gas, korek api, alat cukur, silet, gunting, sendok, nasi, paku, piring inventaris dapur, rantang, kuas bengkel rutan, dan obat minyak di dalam masing – masin kamar hunian binaan.

Barang temua ini kemudian akan dimusnahkan,” sebut Antonius Semuki.

Antonius Semuki pun menegaskan, pihaknya tidak akan mentolerir segala bentuk penyalahgunaan obat – obat terlarang kepada seluruh warga binaan Rutan Kelas IIB Maumere. Ia mengingatkan dengan keras agar warga binaan untuk tingkatkan dan menjaga ketertiban dan keamanan di Rutan. ( athy meaq)

Pos terkait