Wabub Sikka Buka Pelatihan Literasi Digital Bagi Pelaku UMKM

Editor: Agustinus Bobe,

MAUMERE, LINTASTIMOR.COM-Wakil Bupati Sikka Romanus Woga membuka kegiatan Pelatihan Literasi Digital dan Literasi E-Commerce bagi pelaku UMKM dan BumDes se-kabupaten Sikka, NTT, Selasa (27/4/ 2021) di Aula PAS KSP Kopdit Pintu Air Jalan Raya Magepanda, Kelurahan Kotauneng, Kecamatan Alok, Kabupaten Sikka, Propinsi NTT.

Wakil Bupati Sikka Romanus Woga dihadapan para peserta kegiatan literasi Digital dan Literasi-Commerce menyampaikan terima kasih banyak kepada Kemendes PDT yang rela dan meluangkan waktu mensosialisasi literasi digital kepada para pelaku UMKM Kabupaten Sikka.

Wakil Bupati Romanus Woga berharap dengan adanya pelatihan literasi digital semua peserta tidak hanya berusaha tapi bisa memperluas usaha sesuai dengan perkembangan jaman.

“Saya berharap partisipasi dan dinamis kita semua khusus dari pelaku UMKM. Dan yang paling penting jika belum mengerti silakan bertanya.Jangan malu bertanya dan harus tetap bertanya,”pesan Wabub.

Staf Ahli Bidang Hubungan Antar Lembaga Kemendes PDT RI Samsul Widodo mengatakan, dengan diselenggarakan pelatihan digital pada hari ini UMKM Kabupaten Sikka bisa mandiri dan bisa melatih UMKM lainnya, sehingga  ke depan bisa meningkatkan kapasitas para pelaku UMKM.

“Tapi yang menjadi masalah selama ini bagi para pelaku UMKM yakni ongkos kirim. Ongkos kirim tidak dikirim secara digital. Ongkos kirim yang sering kali membuat produk UMKM di Kabupaten Sikka yang tidak kompetitif. Pilihan yang tepat yakni mempunyai nilai jual yang tinggi. Khusus di NTT pilihan hanya satu yakni vanili. Vanili nilai jualnya sangat tinggi,”ujarnya.

Ketua Asosiasi Kelompok Usaha Unitas ( AKUNITAS ) Cabang Sikka Theresia Isidoris Fernandes mengatakan, dengan adanya kegiatan pada hari ini bisa bermanfaat sekaligus untuk bisa mengaktualisasikan program belajar yang lebih tepat menangkap dunia digital. Kini tidak bisa menggunakan manual lagi.

“Jadi dengan adanya pelatihan hari ini kita sudah bisa belajar menggunakan dunia digital dan tidak menggunakan manual lagi,”ucapnya.

Kegiatan literasi digital dan literasi E-Commerce di selenggarakan atas kerja sama antara Kementrian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI dan Asosiasi kelompok Usaha Lintas.

Turut hadir pimpinan OPD Kabupaten Sikka, Ketua KSP. Kpdit Pintu Air Yakobus Jano, dan para pelaku usaha serta undangan yang hadir.(athy meaq)

Pos terkait