Duta GenRe NTT Asal Sikka Bantu Pemerintah Daerah Sosialisasi GenRe

Editor: Agustinus Bobe,

MAUMERE, LINTASTIMOR.COM-Pemerintah Kabupaten Sikka melalui Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) membentuk sebuah program untuk menyasar kepada remaja.

Program itu bertujuan untuk merespon dan menyelesaikan semua permasalahan yang ada dengan membentuk dan mengembangkan sebuah program generasi berencana atau dikenal dengan GenRe.

Sebagai Duta GenRe membantu pemerintah untuk mensosialisasikan kehidupan berkeluarga bagi remaja melalui pendewasaan usai perkawinan.

Tiga Duta Generasi Berencana (GenRe) Provinsi NTT yaitu Duta Genre tahun 2019, Glen Febrian Daniel O. Buol, Duta GenRe tahun 2020, Petrasia Depe Gani , dan Duta GenRe tahun 2021, Anthonia Maria Gadi Djou melakukan sosialisasi Genre, Kesehatan Reproduksi Remaja (KRR).

Tiga Duta GenRe Kabupaten Sikka sekaligus Duta Provinsi NTT ini hadir bersama Bupati Sikka Fransiskus Roberto Diogo pada acara penyerahan sertifikat Bansos pendidikan bagi mahasiswa semester akhir bertempat dihalaman Kantor Camat Alok Timur Kabupaten Sikka, pada Sabtu(29/5/2021).

Tiga Duta GenRe secara bergilir mensosialisasikan generasi yang memiliki rencana dalam pembentukan karakter bangsa dikalangan generasi muda.

Duta Genre tahun 2020 Petrasia Depe Gani menjelaskan tujuan dikembangkannya program Genre oleh BKKBN adalah untuk menyiapkan kehidupan berkeluarga bagi para remaja dalam hal jenjang pendidikan yang terencana.

Duta Genre tahun 2019, Glen Febrian Daniel O. Buol dalam penjelasannya mengangkat tentang TRIAD KRR adalah tiga resiko yang dihadapi oleh remaja, yaitu Seksualitas, HIV/ AIDS dan Napza.

Duta GenRe tahun 2021, Anthonia Maria Gadi Djou dalam kesempatan itu menjelaskan Generasi Berencana adalah remaja/mahasiswa yang memiliki pengetahuan, bersikap dan berperilaku sebagai remaja/mahasiswa, untuk menyiapkan dan perencanaan yg matang dalam kehidupan berkeluarga.

“Program genre ini adalah untuk mempersiapkan kehidupan berkeluarga bagi remaja melalui pendewasaan usia perkawinan,” kata Tania panggilan akrab Duta Genre tahun 2021 itu.

Turut hadir dalam kesempatan itu, Ketua TP PKK Kabupaten Sikka, Ny. Maria Cahyani Idong, Camat Alok Timur, Nikolaus Emanuel,S.Sos,M.Si, Camat Nelle, Even Edomeko, S.Fil,
Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak (P2KBP3A) Kabupaten Sikka, dr. Maria Bernadina Sada Nenu, Kabag Kesra Setda Kabupaten Sikka, Very Awales, Lurah Waioti, Lurah Wairotanh, Lurah Beru, Luran Nangameting, Sekretaris Lurah Kota Baru, para orang tua/wali Mahasiswa, para penerima Bansos Pendidikan Semester Akhir dan undangan lainnya(Athy Meaq)

Pos terkait