Serikat Kelompok Sis Dan Bro Desa Motaulun Siap Jadi Contoh Kerja Gotong Royong Di Malaka

Editor: Agustinus Bobe,

BESIKAMA, LINTASTIMOR.COM–Serikat Kelompok Sis dan Bro  di Desa Motaulun, Kecamatan Malaka Barat, Besikama, Kabupaten Malaka, Provinsi NTT, bergotong royong membangun kebersamaan demi meningkatkan kemakmuran dan kesejahteraan petani di wilayah itu.

Ketua Tim Sukses Kemenangan Bupati Malaka DR.Simon Nahak, S.H, M.H dan Louise Lucky Taolin, S.Sos ( Kim Taolin) , Emanuel Leki di sawah hamparan Haiwai Mitaulu, Selasa (1/6/2021) mengatakan, timnya belum selesai dalam segala hal untuk membangun kemakmuran dan kesejahteraan warga kabupaten Malaka khususnya  di desa Motaulun.

Menurut Emanuel Leki, timnya masih tetap bersatu untuk melakukan kerja gotong royong pada setiap anggata Sis dan Bro yang membutuhkan.

Kegiatan ini adalah kesepakatan anggota bersama untuk saling membantu dan menolong seperti waktu masih suksesi bupati Malaka terlantik.

“Ini adalah keinginan kami di desa Motaulun yang terdiri dari Dusun Kleik, Dusun Motaulun Dati, Dusun Lookmi bersama Ketua Koordinator Marselinus Klau yang di panggil baren (yang paling tertua),” tutur Emanuel Leki.

Emanuel Leki menjelaskan,  timnya ingin menanamkan  kebersamaan ini untuk dapat mencapai dan meningkatkan taraf hidup yang lebih baik dengan kemampuan yang dimiliki saat ini apa adanya.

“Kami mau kalau boleh ada yang lebih pintar untuk mengatur kami sampai pembagian tugas masing-masing seperti tim kerja, tim pemasaran. Misalnya, kami menanam sayur harus ada yang menjual dan hal ini akan membantu kami untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga dan keluarga. Kami belum tahu bagaimana bisa mencapai itu semua tetapi hari ini kami sudah membuktikan bahwa kami masih tetap bersatu dan untuk siap kerja,” tutur Marsel Klau

Menurut Baren Marsel Klau kerja kelompok ini menjadi kewajiban yang harus didahulukan,  sebab ini menyangkut kepentingan umum yang dilakukan secara tim.

“Kami belum tahu rencana bupati untuk kami apa,  tetapi kelompok kami siap untuk menjadi contoh sesuai harapan kami. Kami pun belum konfirmasi bupati Malaka DR.Simon Nahak, S.H, M.H tetang rencana pemerintah kabupaten Malaka.

Namun sesuai visi misi bupati Malaka meningkatkan budaya adat istiadat Rai Malaka yakni melaksanakan gotong royong dan siap dalam kondisi apa saja pada era ini,” ujar Marsel Klau

Dalam kegiatan panen padi sawah salah satu anggota Tim Nikolas Nahak di hamparan Haliwai itu berjalan baik dan ini tidak semua Sis dan Bro hadir karena masih ada urusan lain yaitu banyak yang ikut terima bantuan PKH dan bantuan dari LSM lainnya.

Meski begitu, program kerja gotong royong  ini akan tetap berjalan hingga kompak dan meraih menghasilkan.

“Rencana kerja ini kami tidak main-main saling bantu dan menolong tanpa ada imbalan kepada semua anggota Sis dan Bro yang membutuhkan. Kami belum punya anggaran dasar rumah tangga karena kami ini kumpulan orang – orang tidak punya apa- apa. Jadi berjalan apa adanya.

Semoga pemerintah baru akan memperhatikan kami yang sedang berjuang untuk hidup yang lebih baik. Saling membantu ttdak hanya untuk kerja di sawah tetapi apa saja seperti membuka lahan baru, pagar, hajatan dan sementara kami berpikir untuk bagaimana kami bisa mendapatkan uang agar bisa sejahtera. Kerja kami sudah siap tapi bisa menghasilkan tentu membutuhkan bantuan dan perhatian. Tidak di katakan dari mana perhatian dan bantuan itu namun kesanggupan menjalankan Serikat Kelompok Sis dan Bro itu untuk siap menjadi contoh di kabupaten Malaka menyatakan visi misi bupati terpilih.

Saat ini kami juga mencari solusi bagaimana membuktikannya. Sementara dipersiapkan setiap Sis dan Bro Motaulun kemana saja bawa tempat siri pinang dan menggunakan kain sarung. Ini juga akan di kembangkan secara moderen,” ungkap Marsel ( Rofinus Bria)

Pos terkait