KSP Kopdit Pintu Air Peduli Kebutuhan ODG Bantu Pembuatan KTP dan KK

Editor: Agustinus Bobe,

MAUMERE, LINTASTIMOR.COM-Demi mendorong kesetaraan hak mendapatkan pelayanan publik bagi seluruh warga negara Indonesia, KSP Kopdit Pintu Air bersinergi dengan  Dinas Sosial Kabupaten Sikka menyambangi Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) untuk mendata dan fasilitasi pembuatan kartu identitas diri berupa KTP dan Kartu Keluarga (KK).

Saat menyambangi warga ODGJ di kecamatan Koting dan Kecamatan Nita pada Sabtu (5 /6/ 2021) KSP.Kopdt Pintu Air yang didampingi oleh Ketua Humas KSP Kopdit Pintu Air, Vinsen Deo bersama staf, Viona dan  Kepala Bidang Rehabilitasi Dinas Sosial Kabupaten Sikka, Dwi Engeline Esther Santoso ditemukan ODGJ dan Lansia serta fakir miskin yang belum memiliki identitas diri berupa KTP dan KK.

Ketua Humas KSP Kopdit Pintu Air, Vinsen Deo mengatakan, KSP Kopdit Pintu Air akan membantu memfasilitasi mereka yang belum mengurus identitas kependudukannya.

KSP.Kopdit Pintu Air melihat ternyata masih banyak orang miskin seperti ODGJ dan lansia belum memiliki KTP dan KK.Oleh karena itu orang-orang ini perlu dibantu.

Temuan di lapangan ,kata Vinsen Deo, orang yang berkebutuhan khusus ini mengeluh tidak mendapakan bantuan. Sebab, mereka  tidak memiliki KTP dan KK sebagai salah satu persyaratan  warga negara untuk menerima bantuan harus ada kartu identitas diri.

Dan kepemilikan kartu ini tidak dibatasi.Semua orang baik mampu dan tidak mampu ataupun sehat dan tidak sehat wajib memiliki KTP dan KK.

“Dari hasil temuan inilah yang mendorong KSP.Kopdit Pintu Air berinisiatif untuk membantu memfasilitasi  pembuatan KTP dan KK guna terpenuhinya hak-hak mereka,”ungkap Vinsen Deo.

Selain itu KSP.Kopdit Pintu Air juga akan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan dalam hal puskesmas dan rumah sakit untuk Pelayanan kesehatan.Dan fasilitasi pengurusan Kartu BPJS ataupun Kartu Sehat Sikka.

“Sejak 29 Mei 2021 dan 5 Juni 2021 kita telah mendata sebanyak 20 orang. Rinciannya 13 ODGJ, 2 RM, dan 5 FM. Dari 20 orang yang kita data, 4 orang yang tidak miliki identitas, ” ujarnya.

Ketua KSP Kopdit Pintu Air, Yakobus Jano mengatakan, KSP Kopdit Pintu Air menginisiasi pembuatan KTP dan KK.  Ini murni dan adalah panggilan hati nurani serta   amanat dari undang-undang bahwa semua penduduk wajib memilikinya.

“Lembaga kita punya kepedulian terhadap kaum Disabilitas dan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ).Dan kita berkoordinasi dengan Dinas Sosial untuk bantu fasilitasi Pembuatan KTP dan KK ke Disdukcapil.Sehingga bisa mendapatkan akses yang lebih mudah untuk mendapatkan bantuan-bantuan dari pemerintah”ujar Yakobus Jano.

” Program ini saya sudah gadang-gadangkan sebelun Rapat Anggota Tahunan (RAT dan juga sesudah RAT. Kita mewujudkan satu rekening yakni Pintar Amal Kasih (PAK). Saya akan buat satu divisi khusus untuk menangani difabel dan ODGJ. Divisi ini akan ditangani langsung oleh Ketua Humas Pintu Air, Pak Vinsen Deo, ” ungkapnya.

Kepala Bidang Rehabilitasi Dinas Sosial Kabupaten Sikka,Dwi Engeline Esther Santoso mengucapkan terimakasih kepada KSP Kopdit Pintu Air yang sudah membantu memfasilitasi para ODGJ yang belum memikiki kartu identitas.

“Pemerintah kabupaten Sikka menyampaikan terimah kasih banyak kepada KSP Kopdit Pintu Air yang sudah bantu program pemerintah,”ucapan Esther.

Sebelumnya pihak Dinas Sosial dan KSP.Kopdit Pintu Air juga sudah melakukan perekaman KTP bagi ODGJ.(ATHY MEAQ)

Pos terkait