Danlantamal VII Kupang Ambil Sumpah 10 Perwira Penyidik Lanal Maumere

Editor: Agustinus Bobe,

MAUMERE, LINTASTIMOR.COM-Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) VII Kupang, Laksamana Pertama (Laksma) TNI, I Gusti Kompiang Aribawa, melakukan pengambilan sumpah terhadap 10 Perwira Penyidik Tindak Pidana di Laut yang bertugas di Pangkalan TNI AL (Lanal) Maumere.

Pengambilan sumpah itu dilakukan melalui video conference, bertempat di Markas Komando (Mako) Lanal Maumere, pada Kamis, 10 Juni 2021.

Danlantamal VII Kupang, Laksma TNI I Gusti Kompiang Aribawa, memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Lanal Maumere yang telah melaksanakan kegiatan Latihan pemantapan Keamanaan Laut sekaligus penyumpahan Perwira Penyidik Tindak Pidana di Laut.

“Saya memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Lanal Maumere, yang telah melaksanakan kegiatan Latihan Pemantapan Keamanan Laut sekaligus penyumpahan Perwira Penyidik Tindak Pidana dilaut,”unggkap Danlantamal VII Kupang.

Dengan dilakukan kegiatan pengambilan sumpah ini, I Gusti Kompiang Aribawa berharap dapat meningkatka sinergitas antara pemangku kepentingan di laut, baik dari TNI maupun pihak Kepolisian untuk bersama-sama melaksanakan penindakan atau penegak hukum di laut secara baik, serta secara bersama-sama menciptakan dan mengamankan wilayah perairan Provinsi NTT.

Pada kesempatan yang sama pun Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Maumere, Kolonel Laut (P) Dwi Yoga P.,M.Tr.,Hanla.,M.M.,CTMP menjelaskan, pengambilan sumpah terhadap 10 Perwira Penyidik di Lanal Maumere oleh Danlantamal VII Kupang, sesuai dengan tugas TNI AL dalam pasal 9 UU Nomor 34 Tahun 2004.

Dimana, TNI AL adalah penegak hukum di perairan yurisdiksi nasional, sesuai dengan aturan hukum nasional dan internasional yang telah diratifikasi.

Danlanal Maumere Dwi Yoga mengungkapkan, secara hukum, perwira yang sudah disumpah, akan melaksanakan tugasnya yang telah diamanatkan oleh UU yaitu, melaksanakan penyidikan terhadap perkara-perkara tertentu atau perkara khusus tindak pidana yang terjadi di wilayah perairan yurisdiksi nasional Indonesia.

“Jadi, hari ini ada 10 orang itu disumpah untuk menjadi Perwira Penyidik Tindak Pidana di Laut. Sehingga kami bisa mengambil keterangan, mengorek informasi dan yang lainnya sesuai dengan aturan karena sudah disumpah sebagai Perwira Penyidik di laut,” ungkapnya.

Setelah selesai dilakukan pengambilan sumpah, dilanjutkan dengan latihan menembak spesial, bertempat di Lapangan Tembak Mako Lanal Maumere.(ATHY MEAQ)

Pos terkait