KN.SAR Puntadewa 205 Milik Basarnas Tiba Di Pelabuhan Lorensius Say Maumere

Editor: Agustinus Bobe,

MAUMERE, LINTASTIMOR.COM-Kapal Milik Basarnas Maumere Kapal KN.SAR Puntadewa 205 adalah tipe kapal rescue dan merupakan kapal kelas 2 yang dilengkapi dengan alat teknologi canggih telah tiba di pelabuhan Lorensius Say Maumere pada Senin (31/5/ 2021).

Kapal KN SAR Puntadewa 205 ini diadakan oleh Basarnas RI melalui Dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Meski begitu,  kapal tersebut baru akan diresmikan pada tanggal 14 Juli 2021 mendatang, oleh Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Kabasarnas) Marsekal Madya TNI, Henri Alfiandi,TetapiJika apabila terjadi kecelakaan di wilayah perairan KN SAR Puntadewa langsung difungsikan untuk operasi SAR “ungkap kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Maumere,I Putu Sudayana saat memantau langsung KN.SAR Puntadewa 250 di pelabuhan Lorensius Say Maumere,Kamis (10/6/2021)

KN SAR Puntadewa 250 yang merupakan kapal kelas dua,memiliki panjang 40 meter dan lebarnya 7 meter.Memiliki daya jelajah bisa mencapai 1.300 nautical mile, dengan kecepatan maksimumnya 32 knot dan kecepatan rata-rata yang digunakan dari 20 hingga 22 knot.

“Kapal ini dilengkapi dengan peralatan komunikasi, ada ecdis, echo sounder, ups tracking, naptech (navigasi) yang bisa mematau kondisi cuaca rill pada saat itu, juga dilengkapi dengan alat keselamatan lain seperti lifefraft”.

“Jadi kalau emergency terhadap kapal ini, kita bisa gunakan lifefraft untuk menyelamatkan seluruh crew dan penumpang di dalamnya. Kemudian ada sea raider, life jacket, dan skoci-skoci juga disiapkan,” jelas I Putu Sudayana.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Maumere, I Putu Sudayana, S.E.,M.AP. menjelaskan Kapal Negara (KN) SAR Puntadewa 250 merupakan jenis kapal rescue, yang akan digunakan pada saat operasi pencarian dan penyelamatan khususnya di wilayah perairan (laut).

“Jadi, kapal ini difokuskan untuk operasi pencarian dan penyelamatan, bukan yang lainnya,”ungkapnya.

Untuk wilayah operasi kapal tersebut, kataI Putu Sudayana, akan difokuskan untuk wilayah kerja Kantor Basarnas Maumere, Larantuka, Lembata hingga Alor.

Sedangkan, untuk wilayah ke arah barat Maumere, akan diback up oleh KN SAR Purworejo yang berada di Labuan Bajo, Manggarai Barat.

Kendati demikian, tidak menutup kemungkinan apabila adanya operasi SAR di daerah perbatasan dengan Kantor SAR lainnya, maka KN SAR Puntadewa 250 juga bisa digerakan.

“Contohnya, SAR Makassar yang berbatasan dengan SAR Maumere di Laut Flores. Sehingga, kalau ada kecelakaan disana, tidak menutup kemungkinan kapal ini juga akan dikerahkan. Jadi semua alutsista yang ada di Basarnas, bisa memback up dan saling mendukung dalam pelaksanaan operasi SAR nanti,” ujarnya.(Athy Meaq)

Pos terkait