52 Putera – Puteri Indonesia ikut Kontest Tarian Nasional di Sikka

Editor: Agustinus Bobe,

MAUMERE, LINTASTIMOR.COM-Sebanyak 52 pasangan putera – puteri utusan daerah propinsi seluruh Indonesia mengikuti Kontest Tarian Nasional yang berpusat di Kota Maumere, Kabupaten Sikka, Propinsi NTT.

Kegiatan akbar ini berlangsung di Hotel Capa Maumere, Jumat (11/6/2021) dengan mengusung tema :”The Secret Culture of Indonesia”.

Founder Ikatan Penari Putera -Puteri Indonesia, Zam Ibraz mengatakan , pemilihan Putra Putri Tari Nasional merupakan sebuah pencarian dan pembinaan para penari muda untuk menjadi duta dan influencer seni tari, yang berlangsung selama 3 hari di Maumere, terhitung sejak tanggal 11 sampai tanggal 13 Juni 2021.

Kegiatan ini sudah masuk pada tahun ke-tiga, dengan tahun pertama dan kedua dilaksanakan di Jakarta, dan tahun 2021 ini digelar di Kota Maumere.

Meski pun digelar dalam kondisi pandemi Covid-19, namun kegiatan tetap berjalan dengan tetap mengacu pada protokol kesehatan.

Mengapa Kota Maumere terpilih  menjadi tuan rumah tahun 2021 ini?. Sebab,  pihaknya telah melakukan rapat koordinasi dengan Pemerintah Provinsi NTT khususnya Ibu Julie Laiskodat, dan Ia meminta untuk tahun ini diselenggarakan di NTT.

Dan, setelah melakukan beberapa rapat, dan diundang ke NTT untuk melakukan survei pihaknya menyepakati Sikka sebagai tuan rumah, dengan alasan tarian ‘Gemufamire’ yang merupakan tarian Maumere NTT sangat terkenal dan populer.

” Teman-teman dari Putera Puteri Indonesia melihat bahwa kalau NTT berarti tarian goyang Gemufamire- Maumere itu yang dikenal”, ujar Zam Ibraz.

Untuk susunan acaranya yakni tanggal 11 Juni, acaranya akan dimulai dengan memfokuskan pada pelatihan dari Dinas Pariwisata Propinsi NTT tentang Pariwisata dan Budaya NTT, dilanjutkan dengan pelatihan marketing dan public speaking, dan diakhiri dengan penampilan tarian oleh para peserta sekaligus dengan penjurian penari.

Tanggal 12 Juni yakni acara parade kostum tradisional yang berlokasi Bliran Sina, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, peragaan busana, dan Pengumuman pemenang.

Dari total 52 pasangan peserta yang hadir, kuota terbanyak yang ikut dalam kontestan tahun ini yakni DKI Jakarta dengan 6 pasangan, dan NTT 2 pasangan. Sementara untuk propinsi lain diutus satu-satu pasangan minus Papua.

Ia berharap dari kegiatan ini yakni yang dicari bukan hanya penari tapi juga duta dan influencer seni tari.

Artinya bukan hanya menjadi penari tapi juga bisa menjadi pendidik, penginspirasi, pembicara, bisa juga jadi seorang model, dan marketing.(Athy Meaq)

Pos terkait