Lanal Maumere Lepas 4 Perahu Layar ke Pulau Koja Doi

Editor: Agustinus Bobe

MAUMERE,LINTASTIMOR.COM-Komandan Lanal Maumere Kolonel Laut (P) Dwi Yoga P. M.Tr.Hanla., M.M., CTMP melepas 4 (empat) Perahu Layar Nelayan, dalam rangka Ekspedisi Perahu Layar dengan route Maumere – Pulau Kojadoi yg merupakan Kampung Bahari Nusantara binaan Lanal Maumere.

Kegiatan pelepasan berlangsung dipelabuhan L.Say,Maumere,Kabupaten Sikka,Flores-NTT,Minggu 13 Juni 2021.

Ekspedisi perahu layar ini dalam rangka persiapan untuk melaksanakan Koja Doi Sail festival menyambut ulang tahun proklamasi Republik Indonesia yang ke-76 yang akan dipusatkan desa Koja Doi sebagai Kampung Bahari Nusantara.

Danlanal Maumere,Dwi Yoga megatakan Kegiatan ini dilakukan untuk mengedukasi masyarakat nelayan guna menumbuhkan kembali jiwa pelaut masyarakat kabupaten Sikka yang sudah tergerus jaman, dimana apabila terjadi kerusakan mesin ataupun BBM habis, para nelayan masih bisa survival pulang ke daratan dengan menggunakan bantuan angin.

“Ekspedisi ini dilakukan supaya kembali kejaman sebelumnya.Karena mereka sudah terlalu lama manjakan diri dengan mesin,pake bahan bakar solar dan lupa akan masa lalu. Dan apabila terjadi emergency dilaut mereka akan mengingat kembali cara untuk menyelamatkan diri mereka dengan menggunakan kapal layar biar tidak ada kasus nelayan hanyut,”ungkap Dwi Yoga.

Lanjut Dwi Yoga target dari kegiatan ekspedisi dalam perencanaan Kedepan akan diadakan perlombaan perahu layar dari Maumere pelabuhan L.Say sampai Labuan Bajo.Ini peluang untuk meraih kegiatan yang lebih besar lagi

Dirinya berharap kegiatan maritim harus lebih ditingkatkan lagi karena negara Indonesia negara kepulauan.Jangan dianggap laut sebagai pemisah tetapi laut adalah media pemersatu bangsa.Makanya kita harus terus menerus menggalakan kegiatan Kemaritiman.

“Kita harus mencintai laut.itu yang harus ditanamkan dalam diri kita,tegasnya.
.
Danlanal Maumere,Dwi Yoga menuturkan empat unit perahu layar yang ikut terlibat dalam kegiatan ekspedisi berasal dari
Kelurahan Nangahure yang diKetua Kelompok Nelayan *Raja Tuna* Bapak H. Ali Sadikin bersama delapan nelayan binaan Lanal Maumere.

“Terakhir kali saya melaut dengan perahu layar pada tahun 1995, setelah itu nelayan pakai mesin semua. Anak-anak muda sekarang tidak tahu lagi cara berlayar dengan pakai Layar”, tutur H. Ali Sadikin.

Turut sebagai Tim Sar, 1 unit Sea rider Lanal Maumere dan 1 unit Sea rider Kantor SAR Maumere serta Perahu motor nelayan.

Ekspedisi Kojadoi ini direncanakan akan dilaksanakan kembali pada 27 Juni 2021, dengan mengundang lebih banyak lagi Perahu Layar Nelayan di wilayah Kab.Sikka, dengan route dari Pelabuhan L.Say menuju ke Kojadoi.

Kegiatan ini didukung penuh oleh pemerintah kabupaten Sikka dalam hal ini Bupati SIKKA,Fransiskus Roberto Diogo dan Ketua DPRD kabupaten Sikka,Donatus David.

Hadir dalam kegiatan seluruh Perwira Lanal Maumere, Personel Kantor SAR Maumere yang diwakili Wayan, Kepala KSOP Kab. Sikka, diwakili Eko Halim, GM Pelindo III Maumere, Erri Ardiyanto(Athy Meaq)

Pos terkait