Aktifis Perempuan Internasional Soroti Kinerja GAKKUM Terkait Pembalak Hutan di Desa Aek Godang Arbaan

Editor: Agustinus Bobe,

MALAYSIA, LINTASTIMOR.COM– Aktifis Perempuan Internasional Dewi Kholifah dengan tegas menyoroti kinerja GAKKUM terkait kasus dugaan pembalakan hutan yang dilakukan oleh oknum – oknum  tertentu secara frontal di Desa Aek Godang Arbaan, Kecamatan Onan Ganjang, Kabupaten Humbang Hasundutan, Provinsi Sumatera Utara, yang telah berlangsung nyaris dua tahun, namun tidak distopkan oleh aparat keamanan.

Dewi Kholifah menegaskan hal ini kepada Lintastimor.com melalui selulernya, pada Rabu (16/6/2021) malam. Ia menekankan bahwa jika hutan itu milik negara mengapa dibiarkan kasusnya berlarut – larut tanpa ada kepastian hukum.

Pihak Kementerian harus bersyukur kepada pastor Novinus Sibagariang sebagai pelapor terkait pembalakan hutan tersebut.

Bukan justrus penanganannya berlarut – larut. Jika hutan itu berstatus ulayat dimana kebijakan Kementerian Kehutanan untuk merekomendasikan kepada pelapor untuk maju ke pengadilan  mengajukan gugatan perdata atau ke penyidik Polri demi ditindaklanjuti secara hukum pidana.

Sementara itu, Anggota Komisi III DPR RI DR.Benny K.Harman,  dalam Rapat Kerja dengan Kapolri di Gedung DPR RI, Rabu (16/6/2021) menegaskan kepada Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo untuk segera menyelesaikan setiap kasus pengaduan dari masyarakat maupun pengusaha.

Menurut Benny, Polisi jangan hanya membutuhkan administrasi dan tetapkan orang sebagai tersangka tetapi bolak balik berkasnya tetapi status hukumnya tidak jelas dan stop ditingkat penyidik.

Sebab, banyak kasus pengaduan masyarakat yang masuk ke Polri tetapi campur baur, yakni pidana dan perdata. Jika kasus itu perdata janganlah dipidanakan,” tegasnya.

Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo menanggapi bahwa pihaknya akan menegaskan kepada semua Kapolda di seluruh Indonesia untuk secepatnya menyelesaikan kasus – kasus di wilayah hukumnya masing – masing  dengan memperhatikan pengaduan masyarakat.

Penyidik GAKKUM Sunarya yang kini tengah menggelar penyelidikan terhadap kasus dugaan pembalakan hutan di Desa Aek Godang Arbaan, saat diminta klarifikasi terkait perkembangan kasus tersebut, hingga berita ini diterbitkan belum direspon.( timbuserlintastimorjkt)

Pos terkait