Ketua Komite Ekraf NTT Dukung Pemda Malaka Bangun Arena Pacuan Kuda Sebagai Daya Tarik Wisata

Editor: Agustinus Bobe,

KUPANG, LINTASTIMOR.COM– Ketua Komiter Ekraf Provinsi Nusa Tenggara Timur, Aloisiua Bria Nahak , S.S mendukung Bupati Malaka dan Wakil Bupati Malaka terkait rencana pembangunan arena pacuan kuda sebagai salah satu daya tarik wisata dan Kebangkitan Pariwisata di Kabupaten Malaka, NTT.

Sebab , Kabupaten Malaka memiliki banyak sekali potensi wisata yang belum di kelolah dengan baik, ada wisata Pantai, wisata alam, wisata religi, wisata Pertanian dan Wisata Budaya. Dari Potensi Wisata ini, harus mulai di angkat untuk dipromosikan, dan di kelolah dengan baik dan Profesional,sehingga, menarik wisatawan untuk datang ke Malaka.

“Saya hanya mau berikan masukan dari keunggulan sektor Pariwisata, apa bila pembangunan sektor Pariwisata di mulai dengan hadirjya, pacuan Kuda yang di rencanakan oleh Bupati dan Wakil Bupati untuk kemajuan sektor Pariwisata di Kabupaten Malaka.

Bahwa dengan adanya arena Pacuan Kuda, ini ada dampak banyak positif di terima oleh Masyarakat KabupatenMalaka, yang di bawa oleh peserta Pacuan kuda,yang tentunya datang dari berbagai Wilayah NKRI, juga dari negara tentangga Timor Leste ( menangkap Dollar Amerika / US Dollar, dari Negara Timor Leste )

Pacuan kuda ini, sebagai wujud dari Five Essential A ‘s Of Tourism atau Lima Komponen dalam pengelolaan Industry Pariwisata di setiap daerah yakni :

1.Atraksi ( Atraction )
2.Akomodasi ( Accomodation )
3.Amenitis ( Amenities )
4.Aksesbilitas ( Accesibility )
5 .Kesadaran atau Kepedulian ( Awarness)

Bahwa:
1. Pacuan Kuda merupakan Salah satu atraksi Wisata, sebagai daya tarik untuk Wisatawan datang ke destinasi Wisata.
2. Bahwa dengan Pacuan Kuda, dampak positif yang di dapat adalah peserta Pacuan kuda yang datang dari berbagai Wilayah NKRI, akan membelanjakan uangnya untuk:
a. Sewa Hotel atau Penginapan
b. Belanja Makan Minum
c.sewa Rental Mobil ato Motor
d.belanja souvenir khas Malaka
e.Pertumbuhan ekonomi dan Perputaran uang saat event pacuan kuda tentu sangat menonjol atau meningkat.
f. Dampak lain yang merupakan keuntungan dari Pacuan kuda ini, adalah Kabupaten Malaka akan di Promosikan oleh Peserta pacuan kuda yang datang ke Malaka, dari seantero NKRI
g. Kemas event Pacuan kuda ini, sebagus mungkin untuk menarik Peserta Pacuan Kuda betah di Kabupaten Malaka. Artinya segala kebutuhan atau keperluan peserta pacuan kuda di persiapkan dengan baik, mulai dari hotel, makan minum, pelayanan jasa ato Hospitality harus di siapKan dengan baik. Hal2 lain, pompa bensin, akses informasi ( telkom ) ,PLN harus mendukung event Pacuan kud ini.

h. Kebersihan dan keamanan, Ibu Kota Kabupaten akan menjadi bagian perhatian dari event ini.

3. Perhatian Pemerintah Pusat, dalam.hal ini Kementrian Pariwisata ( Kemenparekraf ) khusus kepada Kab.Malaka ,dalam memajukan sektor Pariwisatanya.

Dalam hal:
* Pembangunan Infrastruktur untuk Mendukung Pariwisata di Malaka
* kegiatan Pelatihan Peningkatan SDM dan Skill untuk generasi muda Malaka yang memiliki ketertarikan untuk bekerja di sektktor Pariwisata, dan juga untuk Pelaku Pariwisata seperti Pemilik hotel, Resto dan Pokdarwis ( Kelompok sadara wisata ) dll
* Bantuan Hibah dan Insentif dari Kemenparekraf yang selama ini di nikmati oleh masyarakat di daerah lain, akan di rasakan juga oleh masyarakat Kabupaten Malaka.

4.Pola pikir dan Pola hidup Masyarakat perlahan – lahan akan berubah, di edukasi untuk.hidup ramah, bersih, kreatif dalam kerja, dan hidup teratur,” terang Ketua Komite Ekraf NTT, Aloisius Bria Nahak, S.S kepada Lintastimor.com, Rabu (21/7/2021) melalui selulernya di Kupang ( agust bobe)

Pos terkait