Latma Garuda Sheild ke-15 Tahun 2021 Melibatkan 2.161 Prajurit TNI AD dan 1.547 Prajurit US Army

Editor: Agustinus Bobe,

BATURAJA, LINTASTIMOR.COM– Latihan Tempur bersama ( LATMA) Garuda Sheild ke-15 Tahun 2021 digelar di Pusat Latihan Tempur TNI Angkatan Darat ( AD) di Martapura, Baturaja Sumatera Selatan, tanggal 1 hingga 14 Agustus 2021 melibatkan 2.161 prajurit TNI AD dan 1.547 prajurit US Army.

Kepala Staf Angkatan Darat ( KASAD) Jenderal  TNI Andika Perkasa dan Commanding USARPAC General Charles A.Flynn menjadi inspektur upaca dalam pembukaan latihan bersama Garuda Sheild di Martapura, Baturaja, Sumatera Selatan, Rabu ( 14/8/2021).

Latihan terbesar dalam sejarah bersama militer Indonesia dan Amerika Serikat ini digelar di tiga tempat, yakni Puslatpur Kodiklatad Baturaja, daerah latihan Amborawang di Balik Papan, dan Makalisung di Manado.

Materi yang paparkan dalam Latma Garuda Sheild ke-15 ini meliputi Staff Exercise, Field Training Exercise Live Fire Exercise Aviation dan medical Exercise serta progam latihan yang akan digabungkan yakni joint comnined Exercise Training dan Garuda Airborne.

Jenderal TNI Andi Perkasa dan General Charles A Flynn mengatakan, Latma Garuda Sheild ke-15 Tahun 2021 tersebut bukan saja untuk meningkatkan hubungan bilateral kedua negara tetapi untuk dapat meningkatkan kemampuan prajurit TNI AD dan US Army.

Menurut Jenderal TNI AD Andi Perkasa, Latma  ini adalah latihan terbesar dan pengalaman pertama terjun lintas negara yang tergabung melalui latihan Garuda Sheild akan membentuk para prajurit calon pemimpin TNI AD di masa depan yang profesional bertaraf internasional. ( JURNALMILITER/ TIMBUSERLINTASTIMOR)

Pos terkait