P. Hieronimus, SVD Rayakan 25 Tahun Imamat di Paroki Runut

Editor: Agustinus Bobe,

MAUMERE,LINTASTIMOR.COM- Pastor Paroki Santi Sima Trinitas Runut di Desa Runut, Kecamatan Waigete , Kabupaten Sikka, PulauĀ  Flores, NTT, Pater Hieronimus Api Ledu, SVD merayakan hari ulang tahun ke-25 (perak) tahbisan imamatnya ,pada Minggu(19/9/21).

Perayaan ulang tahun tahbisan imam tersebut berlangsung di gereja Paroki Santi Sima Trinitas Runut.

Misa diikuti oleh utusan umat katolik baik dari Paroki Runut, paroki Bolawolon, paroki Kewapante dan paroki Watubala.

Pantauan media ,misa yang berlangsung dalam suasana penuh kegembiraan, dan suka cita ini dipimpin langsung oleh yubilaris Pastor Hieronimus Api Ledu,SVD didampingi oleh beberapa pastor dari wilayah SVD Keuskupan Maumere.

Dengan motto perayaan perak Imamat ‘Tuhan Mengenal Kepunyaan-Nya.’

Pastor Paroki Runut,Pater Hieronimus dalam kotbahnya mengatakan motto imamat dalam pesta perak yang diambil dari (2 Tim 2:19) yang berbunyi “Tuhan Mengenal Kepunyaan-Nya.”yang mempunyai makna dimana Tuhan tahu siapa dia sehingga membuat dirinya pantas dan berharga bagi-Nya.

“Alasan mengapa Tuhan memilih dan memanggil saya,rumusan jawabannya singkat saja yakni,”Tuhan Mengenal Kepunyaan-Nya.Ini adalah motto imamat saya sebagai spirit membuatku teguh dan setia terhadap imamatku hingga 25 tahun ini,”ungkap Pater Hieronimus.

Pastor Rektor Wilayah SVD Keuskupan Maumere,Pater Gregorius Nulle SVD, dalam sambutannya menyampaikan, profisiat kepada Pater Hieronimus.Kita patut bersyukur atas peristiwa terjadinya Pesta Perak Imamat ini.

Menurutnya, perjalanan untuk menjadi seorang imam itu, memang penuh lika-liku namun dapat dilaluinya dengan baik karena pertolongan Tuhan dan berkat usaha yang telah dibuatnya selama ini.

Ia mengungkapkan bahwa pesta perak imamat para imam ini merupakan perayaan rahmat kesetiaan Tuhan yang dijawab dengan kesetiaan imamat para imam ini.

“Perayaan 25 tahun imamat sebuah momen suka cita, syukur dan juga sebagai bentuk apresiasi arti dan makna untuk sebuah rentang waktu perjalanan dalam menjalani panggilan sebagai imam umat ,”ungkapnya.

Beliau pun mengucapkan rasa syukur dan terima kasihnya kepada pastor Hieronimus karena telah menjadi imam yang setia dan sedia diutus kemanapun.

Ketua Penyelenggara Syukuran Perak Imamat Yang ke-25, Vinsensius Karwayu mengatakan sangat bersyukur dengan adanya pater Hiro yang merayakan pesta imamat bersama umat di paroki Runut. Ini Sejarah baru.Karena baru pertama kali terjadi di Paroki Runut sepanjang sejarah berdirinya Paroki Runut.

“Iya kami bersyukur sekali karena pater Hieronimus mau merayakan pesta Imamat ke 25 bersama kami umat di paroki Runut.Hal ini yang kami rasakan pertama kali di paroki kami sejak 20 tahun paroki Runut berdiri,”ungkapnya.

Menurutnya dengan momen perayaan ini diharapkan anak-anak dan umat paroki Runut bisa terpanggil hatinya untuk mengikuti jejak pater Hieronimus.

“Kami harap dengan adanya acara ini bisa mendorong atau memotivasi kepada kami punya anak-anak untuk punya niat masuk seminari dan bisa menjadikan panggilan hidup,”ujarnya.

Ia menambahkan umat paroki Runut sangat bersyukur dengan hadirnya Pater Hironimus karena banyak membawa perubahan baik dalam pembangunan gereja maupun pembangunan lainnya.Oleh karena itu kata Vinsensius umat masih mengharapkan pater Hieronimus tetap menjadi pastor paroki Runut.

Hadir dalam acara tersebut, Rektor Ledalero Frans Ceufin,Pembina Frater Ritapiret,Romo Lorens Bate,Ketua TPAPT Tana Ai,Romo Frans Fao,Pastor Rektor Wilayah SVD, Gregorius Nulle SVD,Pastor Paroki Wair Pelit,Pater Goris Sabon,SVD, Pastor Rekan,Pater Alex Ola Pukan,Pater Hubertus Thomas,Pastor Paroki Bolawolon,Pater Ferdy Mikel,Pater Purnomo,Pater Hans Weritz,Camat Waigete serta undangan lainnya.(ATHI MEAQ )

Pos terkait