Kadis Naker NTT Beri Bantuan Sarana Rumah Ibadat di Rinhat

Editor: Agustinus Bobe,

MALAKA, LINTASTIMOR.COM– Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi ( Kadis Nakertrans) Provinsi Nusa Tenggara Timur, Sylvia R.Pakajawang,SP. M.M, menyalurkan bantuan sarana rumah ibadah dan beras di UPT Desa Weain, Kecamatan Rinhat, Kabupaten Malaka, secara simbolis pada Kamis (23/9/ 2021).

Perjalanan Dinas Nakertrans  menuju desa Weain bersama DPRD propinsi Komisi V  Gonsales dan rombongan lainnya   diterima oleh Bupati Malaka DR. Simon Nahak SH.M.Hum bersama jajaran OPD kabupaten Malaka  di hotel Cinta Damai Kota Betun dan bupati bersedia ikut menyerahkan bantuan tersebut.

Bantuan ditujukan kepada warga trans lokal di desa Weain wilayah bagian barat kabupaten Malaka kecamatan Rinhat itu disambut meriah oleh warga setempat.

Rombongan disapa adat dan iringan tari tarian khas Malaka, haksoke tala dan bidu Ksolok lalok.

Bantuan itu diserahkan secara simbolis oleh rombongan Kadis Nakertrans dan Imigrasi Provinsi NTT.

Warga trans yang di tempatkan sajak tahun 2011/2012 terus berkembang dan diperhatikan kareba tempat itu banyak potensi alam yang perlu di bangun bersama sama.

Kadis, Sylvia R.Pakajawang SP. M.M, mengatkan, urusan Ketransmigrasian dapat ditahui semua bahwa program transmigrasi itu pada prinsipnya adalah untuk membuat seluruh masyarakat menjadi lebih baik, lebih hidup dengan baik, lebih layak tidak ada lagi yang terpencil terpencil karena pemerintah sudah  daerah daerah terisolir.

“Dulu di tempat ini mungkin tidak bantuan seperti ini tetapi dengan adanya program pemerintah terus hadir di setiap pelosok masyarakat. Dan, di  Desa Weain inipun kemudian dibentuk UPT menjadi lokasi UPT.  Selain UPT Weain ini termasuk kawasan pemerintah Kobalima dan merupakan kawasan strategis nasional. Ada banyak potensi yang bisa kita kembangkan disini.

Jadi bapak ibu sekalian ini hal yang sangat baik dan di tempat ini hadir perwakilan dari propinsi NTT pak Gonsales, adalah Kemitraan yang luar biasa.

Ini potensi yang sangat strategis yang nanti kita sama -sama, kita lakukan pembangunan kedepan.

Kita sudah bangun berbagai sarana
awalnya namanya calon trans tetapi kemudian dengan berjalannya waktu ditempat ini dari awal, dari penyerahan pemindahan dan penempatanya Semua sudah berjalan dengan baik,” tutur Kadis Sylvia.

Di kabupaten Malaka ada beberapa UPT. di Weain penempatannya pada 2011/ 2012 . Di sini 150 kepala keluarga,  709 jiwa dari berbagai desa di sekililing tempat ini dan kemudian ada berbagai tempat umum yang sudah dibangun di sini balai desa ada gereja , ada jembatan kayu, sarana perpipaan dan sebagainya,” sebut Sylvia.

Kadis Sylvia mengatakan,
bantuan sarana Ibadat  tahun 2021 ini mungkin karena sarana ibadat sehingga   lolos dari berbagai refokusi yang terjadi di propinsi NTT.

“Ada banyak sarana yang kami sangat ingin bangun di tempat ini bersama sama dengan mitra kerja dewan Komisi tetapi karena  pandemi Covid-19 maka banyak yang direfokusi.

Lantas, kami juga akan membantu bencana seroja dalam waktu dekat. Sementara untuk dua bulan dalam perjalanan  datang sebanyak 20 ton untuk 20 kilogram dari masing- masing Kepala Keluarga. Terkait dengan hal ini di mohon kepada rekan -reka di kabupaten, Bupati dan dinas -dinas terkait di Malaka agar kita perlu p berkolaborasi. Kita tidak melihat tupoksi dari mana perangkat dari mana tetapi kita kolaborasi menggali potensi untuk memberikan budi daya yang lebih baik, kalau tidak bisa mengolah maka tidak ada hasil untuk kita,” ajak Sylvia.

Kesempatan itupun Bupati Malaka DR. Simon Nahak, S.H. M.H, menyampaikan kepada warga dan rombongan kunjungan dinas transmigrasi propinsi NTT bahwa Malaka akan terus membenahi hidup  masyarakat kabupaten Malaka untuk hidup yang lebih baik.

“Dan kita perlu membuka diri untuk setiap apa dan siapa saja yang penting untuk membangun dan kesejahteraan kita,” ucap Bupati Simon Nahak.

Menurut Bupati Simon Nahak, kondisi desa Weain yang berpotensi memiliki sumber air yang saat ini telah dialirkan ke sejumlah titik pemukiman warga dan saat ini dalam pembenahan.

Ia  berharap  kepads warga kecamatan Rinhat, khususnya warga desa  Weain untuk selalu memelihara  pontensi alam dan menikmati semua ini,” harapnya ( rofinus bria)

Pos terkait