Dana Bencana Seroja Malaka Untuk 556 KK Siap Cair

Editor: Agustinus Bobe,

MALAKA, LINTASTIMOR.COM– Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD) Kabupaten Malaka, Provinsi NTT, Drs.Gabriel Seran saat dikonfirmasi wartawan di Kantor Bupati Malaka, Jumat (22/10/2021) pekan kemarin, mengatakan, bencana banjir dan angin seroja pada Maret 2021 yang silam, BNPB melalui aplikasi Kominfo InaRisk untuk menentukan layak atau tidaknya sebuah rumah bantuan atau perbaikan kepada setiap warga terdampak.

Ia menyebutkan, di Kabupaten Malaka bantuan rumah dan perbaikan rumah ada tiga kategori, yakni  : 1 Kategori rusak berat, 2.Kategori Rusak sedang, dan 3 Kategori rusak ringan.

Data keseluruhan warga yang terdampak bencana seroja di Kabupaten Malaka sebanyak 556 Kepala Keluarga ( KK) dan dan sudah siap untuk dicairkan tahap 1 ( satu).

Terkait dengan bantuan tersebut, kata Gabriel, saking disambut baik oleh warga. Meski begitu, di sejumlah desa ada pemicu pokok perselisihan antara aparat desa dan warga. Pasalnya, ada data yang tidak tepat sasaran. Hal ini terjadi karena data tersebut emergency,” terangnya.

Menurut Gabriel, bicara soal sasaran itu adalah tanggungjawabnya ada pada pemerintah desa karena data diterima dari desa.

” Terus itu sudah disampaikan kepada saya. Itu tidak wajar juga. Sebab, yang menuntut untuk mau mendapat bantuan tersebut inikan punya rumah tembok itu. Itu sudah saya jumpai. Saya sampaikan kalau memang rumahnya rusak berat dari pendataan yang lama tidak terdaftar oleh pemerintah desa atau tim, maka itu menjadi catatan.

Kita akan lakukan alokasinya pada dana tahap ke-2 melalui rehabilitasi dan rekomstruksi pasca bencana, segera masuk juga seusai pelaksanaan fisik,” terang Gabriel.( rofinus bria)

 

Pos terkait