EkbisNusantara

Pengendalian Inflasi Pemda Mappi Gelar Operasi Pasar Murah

Avatar
257
×

Pengendalian Inflasi Pemda Mappi Gelar Operasi Pasar Murah

Sebarkan artikel ini

MAPPI,|LINTASTIMOR.COM|
Pemerintah Daerah Kabupaten Mappi melalui Dinas Perdagangan Koperasi dan UMKM, yang bekerja sama dengan pelaku usaha di Kota Kepi, menggelar Operasi Pasar Murah di halaman Kantor Distrik Obaa Kabupaten Mappi.

Operasi pasar murah itu dibuka oleh Penjabat Bupati Mappi, Michael R. Gomar S.STP,M.Si yang berlokasi di halaman Kantor Distrik Obaa, Senin (26/09/2022).

Penjabat Bupati Kabupaten Mappi Michael R. Gomar. S.STP. M.Si dalam sambutannya saat membuka kegiatan operasi pasar mengatakan, Pemerintah Daerah, melalui dinas perdagangan Keporasi dana UMKM berkolaborasi dengan para pelaku usaha yang ada di kota kepi bekerjasama dengan TP -PKK yang koordinir oleh Penjabat Ketua PKK Kabupaten Mappi, Ny. Stefanie Gomar, ketua Bhayangkari Polres Mappi, Ny. Nawang Damianus dan ketua Dharma Wanita Kabupaten, Ny. Maria Kabagaimu.

Pemerintah Daerah melaksanakan kegiatan operasi pasar murah, dalam rangka menindaklanjuti arahan Bapak Menteri Dalam Negeri (Mendagri) untuk pengendalian inflasi serta stabilitas harga sembako dan ketahanan pangan.

“Kegiatan ini dilaksanakan atas dukungan dari (Tim Pengendali Inflasi Daerah) TPID serta Satgas pangan dan pelaku usahanuntuk melakukan pengawasan dan pengendalian inflasi di Kabupaten Mappi.

Lanjut PJ Bupati Pemerintah daerah berharap dengan adanya operasi pasar murah ini, dapat memberikan harga terjangkau pada masyarakat secara umum untuk dapat dibeli, terutama untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga masing-masing.

PJ Bupati juga menyampaikan, untuk operasi pasar murah ini terbuka kepada seluruh masyarakat baik itu PNS, TNI/ Polri Pegawai Kontrak Daerah dan seluruh masyarakat di Kabupaten Mappi.
Sehingga kegiatan ini akan diprogramkan
untuk dilaksankaan secara berkelanjutan dalam rangka menyambut hari -hari besar keagamaan.

Kata PJ Bupati Tim TPID dan satgas Oangan akannmelakukan pengawasan oada pelaku usaha untuk menjaga stabilitas harga sembako serta ketahanan pangan yang tersesia dan terjangkau oleh masyarakat untuk pengendalian inflasi di Kabupaten Mappi.

PJ Bupati menerangkan, Pemda berharap pengawasan ini tetap akan dilaksanakan dan kedepannya masyarakat semua dapat melakukan pembelanjaan dari sembako yang telah disediakan, dan untuk kebutuhan hari ini tentu hanya beberapa komoditi barang yang disediakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

“Memang komoditi yang dijual saat ini masih sangat terbatas dalam jumlah dan jenis komoditi barang, tetapi kedepannya diharapkan beberapa jenis barang yang menjadi kebutuhan masyarakat bisa tersedia dengan harga yang terjangkau. Harapannya dengan kegiatan operasi pasar murah ini dapat bermanfaat bagi kita semua dalam kondisi kehidupan kita, kebutuhan rumah tangga kita dapat terjangkau dan bisa memberikan manfaat pada seluruh masyarakat di kabupaten mappi,” jelasnya.

Selain itu, Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UMKM Kabupaten Mappi, Agus H. Nasikin menjelaskan, kegiatan operasi pasar murah tersebut dilakukan untuk pengendalian inflasi akibat penyesuaian harga BBM di Kabupaten Pappi. Maka Pemda bekerja sama dengan pelaku-pelaku usaha untuk melakukan kegiatan operasi pasar murah. Partisipasi pelaku usaha sangat merespon dengan baik, dan antusias masyarakat juga sangat baik, karena banyak masyarakat yang datang di pasar murah untuk membeli produk atau komoditi barang yang disediakan.

“Lalu mengenai produk yang dijual ini memang dibawah harga toko (Promo), sedangkan minyak goreng ini sesuai dengan harga pemerintah, dan minyak goreng yang disediakan juga sebanyak 13. 000 liter. Dengan ukuran 1 dan 2 liter Produk yang disediakan dalam pasar murah ini terdiri dari, minyak goreng kita Rp 13.000 per liter, gula pasir Rp. 15.000 per kilogram, beras lokasi Rp. 12.000 per kilogram, supermie rasa soto Rp. 14.000 per 5 bungkus, garam 10.000 per kilogram dan kopi senang Rp. 4.000 per bungkus,” jelasnya.

Dalam kesempatan berbeda masyarakat yang ditemui dilokasi kegiatan, Ignasia Basahagi mengatakan dengan adanya pasar murah tersebut sangat membantu mereka, untuk mendapatkan bahan pokok dengan harga yang terjangkau.

“Kami senang apalagi harga barang sekarang ini mulai mahal, tapi pemerintah buat pasar murah begini, membantu kami,”ungkapnya.

Sementara itu, Sunandi warga kota Kepi mengaku senang dengan dilaksanakannya operasi pasar oleh Pemerintah daerah.

“Keadaan masyarakat sekarang ini agak susah dengan tingginya harga barang tetapi melalui pasar murah ini kami sangat terbantu. Kalau bisa tidak hanya kali ini saja tetapi pasar murah ini sering -sering dilaksanakan biar bisa membantu kami masyarakat kecil,”pungkasnya.

(Frangky Kemong)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *