Nusantara

Polres Mappi Gelar Simulasi Sistem Pengamanan Kota

Avatar
176
×

Polres Mappi Gelar Simulasi Sistem Pengamanan Kota

Sebarkan artikel ini

 

MAPPI |LINTASTIMOR.Com)– Dalam mengatisipasi eskalasi gejolak situasi kamtibmas dalam Pemilu 2024 mendatang Polres Mappi gelar giat simulasi sistem pengamanan kota dalam mengendalikan kelompok massa yang tidak terimah hasil keputusan KPUD Mappi tentang penetapan pemenang pemilu dan kegiatan tersebut berpusat di Mapolres Mappi, Selasa (21/11/2023).

Kegiatan sispamkota dipimpin langsung oleh Kapolres Mappi AKBP Yustinus S. Kadang, S.Sos., M.si diawali dengan TGF ( Taktical Floor Game ) yang dilaksanakan di ruang Aula Rupatama Polres Mappi guna melakukan pemetaan dan memberikan gambaran tentang penempatan personil di tempat-tempat yang diprediksi bakal menjadi konsentrasi massa seperti kantor KPUD, Bawaslu serta kantor pemerintahan lainnya.

Setelah dilakukan giat TGF dilanjutkan peragaan simulasi pengendalian massa oleh Ton Dalmas Sat Samapta Polres Mappi di lapangan Apel Polres Mappi dimana saat itu massa berjumlah 50 orang mendatangi kantor KPUD Mappi meminta untuk membatalkan hasil pleno penetapan pemenang Pemilu dengan melakukan tindakan anarkis dengan ingin menduduki kantor KPUD.

Dalam menghadapi unjuk rasa tersebut Polres Mappi melakukan tahapan-tahapan pengendalian massa sesuai dengan Standar Operasional Prosedur Polri yang di mulai dari bernegosiasi, selanjutnya menurunkan dalmas awal dan dalmas lanjutan ketika masa sudah mulai anarkis.

Kapolres Mappi AKBP. Yustinus S. Kadang, S.Sos., M.Si mengatakan dalam amanatnya saat pimpin apel konsolidasi personil mengatakan bahwa simulasi simpamkota yang baru saja kita lakukan merupakan sala satu sarana yang cukup penting dan strategis untuk mengetahui sejauh mana kesiapan anggota Polres Mappi dan jajarannya serta intansi terkait untuk memupuk keterpaduan bersama khususnya menghadapi tindak anarkis dan konflik sosial yang dapat menimbulkan kerusuhan massal.

“Kita sadari bahwa giat sispamkota yang kita lakukan belum sempurnan namun demikian apa bila simulasi ini diikuti dengan sungguh-sungguh dan serius maka saya yakin hasilnya pun sangat bermanfaat bagi pelaksanaan sispamkota nantinya.” tandas Kapolres.

(Frangky Kemong)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *