Olahraga

24 Cabor Siap Meriahkan Porkab Mimika 2023

Avatar
280
×

24 Cabor Siap Meriahkan Porkab Mimika 2023

Sebarkan artikel ini

Defile salah satu Cabor di depan panggung utama pada pembukaan Porkab Mimika 2023, di Lapangan Timika Indah, Mimika, Papua Tengah, Senin (27/11/2023). (Foto: Lintastimor.com/Moh. Wahyu Welerubun).

 

MIMIKA| LINTASTIMOR.Com)-Sebanyak 24 cabang olahraga bakal memeriahkan Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) Mimika 2023 yang dilaksanakan oleh Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Mimika.

Pada pembukaan Porkab Mimika 2023 yang berlangsung di lapangan Timika Indah, Mimika, Papua Tengah, Senin (27/11/2023), masing-masing terlihat gagah dan siap untuk unjuk gigi.

Wakil Ketua Panitia, Natalis Bukaleng dalam laporan panitia menyampaikan, Porkab yang menjadi ajang penyaluran bakat dan prestasi atlet serta sebagai ajang seleksi bagi atlet berprestasi dari masing-masing Cabor ini diketahui merupakan event tingkat kabupaten yang pertama kalinya digelar di Kabupaten Mimika.

Lanjutnya, untuk Cabor yang terlibat didalamnya diantaranya adalah Muaythai, Rugbi, Tinju, Taekwondo, Pencak Silat, Panahan, Gulat, Sepeda, Basket, Tenis Meja, Panjat Tebing, Sepak Takraw, Boxing, Tarung Derajat, Karate, Ju-jitsu, Menembak, Bola Tangan, Catur, Bina Raga, Fitnes, Bulu Tangkis, E-sport dan Dayung.

Kemudian, untuk jumlah peserta sebanyak 2400 atlet, 100 orang pelatih dan official, 550 orang dari panitia Cabor, 50 orang panitia pelaksana. Sehingga, secara keseluruhan jumlah yang terlibat berjumlah 3.100 orang.

“Kami atas nama KONI Kabupaten Mimika mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Mimika yang telah memberikan dukungan penuh sehingga dengan ini dapat terselenggara dengan baik,” ucap Natalis.

Sementara itu, Bupati Mimika Eltinus Omaleng dalam sambutannya yang dibacakan oleh Sekretaris Umum KONI Mimika, Simon Kasamol menyampaikan, Porkab merupakan wahana untuk mengevakuasi prestasi para atlet dan pembina di Kabupaten Mimika.

Melalui ajang Porkab ini, kemampuan fisik, mental dan skil para atlet dapat diketahui kualitas dan efektifitasnya. Oleh karena itu, ia meminta agar para atlet dapat memberikan yang terbaik dalam ajang ini.

Pelaksanaan Porkab ini kata Simon dapat menjadi salahsatu alternatif yang akan berperan sebagai wadah pembinaan olahraga yang dilakukan secara terukur dan berkesinambungan.

“Saat ini kompetisi olahraga baik di tingkat daerah maupun nasional semakin ketat dan keras. Hanya dengan keuletan dan kerja keraslah prestasi gemilang dapat kita wujudkan,” ujar Simon.

“Prestasi dalam bidang olahraga yang selama ini telah kita raih hendaknya dapat menjadi cambuk untuk terus kita pertahankan bahkan meningkatkan kualitas atlet karena pada dasarnya atlet berkualitas tidak hanya berasal dari bakat namun dari pembinaan bibit muda sejak dini,” tambahnya.

Simon melanjutkan, untuk menghasilka atlet berbakat maka harus didukung dengan adanya proses pembinaan berkelanjutan.

Pemerintah daerah juga akan terus mendukung pelaksanaan Porkab Kabupaten Mimika 2023 sebagai salahsatu kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka pembibitan dan peningkatan kualitas atlet di Kabupaten Mimika.

Momen ini kata dia menjadi kesempatan untuk menunjukkan kepada dunia bahwa Kabupaten Mimika adalah daerah yang memiliki potensi besar dalam olahraga.

“Semoga keberhasilan dan semangat dalam Porkab ini akan membawa kemajuan dan berkah di daerah kita,” ungkapnya.

“Saya mengajak generasi muda di Kabupaten Mimika untuk berperan aktif dalam Porkab ini, karena melalui Porkab ini akan terjaring atlet-atlet berprestasi untuk membawa harus nama Kabupaten Mimika baik di tingkat regional, nasional dan internasional,” pungkasnya.

Seremoni pembukaan Porkab Mimika I tahun 2023 ini dengan resmi dibuka oleh Simon Kasamol yang ditandai dengan pelepasan 200 balon berwarna biru mudah dan putih yang masing-masing berisikan uang tunai sebesar Rp 1 juta bagi yang beruntung.

Pembukaan Porkab ini juga dimeriahkan dengan persembahan tarian-tarian adat Papua dari beberapa sanggar seni di Kabupaten Mimika.

Whllyano, seorang rapper muda asal Papua juga turut hadir untuk memeriahkan jalannya pembukaan Porkab Mimika I tersebut.

(Penulis: Moh. Wahyu Welerubun).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *