Hiburan

Peringatan HUT Korpri Ke-52, 81 Pasangan Ikuti Nikah Masal Disdukcapil Mimika

Avatar
382
×

Peringatan HUT Korpri Ke-52, 81 Pasangan Ikuti Nikah Masal Disdukcapil Mimika

Sebarkan artikel ini

Penyerahan buku nikah secara simbolis oleh Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob kepada beberapa perwakilan pasangan yang sudah resmi menjadi pengantin. (Foto: Lintastimor.com/Moh. Wahyu 

MIMIKA  | LINTASTIMOR.Com) –Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) ke-52, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Mimika menggelar pelayanan terpadu dan nikah massal, di Graha Eme Neme Yauware, Rabu (29/11/2023).

Dalam agenda sakral ini, Disdukcapil Kabupaten Mimika berkolaborasi dengan Pengadilan Agama Kabupaten Mimika dan Kantor Urusan Agama (KUA) Mimika, yang diikuti oleh 81 Pasangan.

Nikah massal ini dihadiri oleh Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob beserta unsur pimpinan dari jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Mimika, dan perwakilan Ombudsman Wilayah Papua.

Dalam kegiatan ini, berbagai akses diberikan dengan mudah kepada para calon pengantin yang hendak menikah, mulai dari pelayanan gratis pembuatan Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk (KTP) hingga buku nikah. Nikah massal ini juga digelar secara gratis.

Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob mengatakan, nikah massal ini merupakan agenda pemerintah dalam memaksimalkan pelayanan publik. Terutama bagi masyarakat yang selama ini kesulitan mengurus administrasi pernikahan dan lainnya.

“Saya kira ini sesuatu yang memang pemerintah harus menginisiasi, karena kita ini kan sekarang Gerakan Indonesia Sadar Adminduk, ini sekarang kita lagi berusaha ini, dan ini pemerintah memberikan pelayanan tidak dipungut biaya apapun, semua dibiayai oleh pemerintah,” terang Johannes kepada wartawan.

Meskipun mendapatkan pelayanan gratis dari pemerintah, Johannes mengimbau kepada masyarakat terutama bagi pasangan yang nantinya hendak menikah dapat dilaksanakan secara mandiri dan tidak bergantung pada pemerintah.

Ini juga bertujuan untuk mendorong masyarakat sadar akan pentingnya administrasi kependudukan.

Sementara itu, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Kadisdukcapil) Kabupaten Mimika, Slamet Sutejo mengatakan, dari 81 Pasangan yang mengikuti ritual sakral di Graha Eme Neme Yauware tersebut, 6 diantaranya adalah nikah isbat, 35 pasangan nikah KUA dan 40 pasangan lainnya nikah sipil.

(Penulis: Moh. Wahyu Welerubun).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *